Visi Misi Perusahaan ASTRA HONDA MOTOR
Pt. Astra
Honda Motor, merupakan perusahaan yang menjalankan fungsi
produksi,penjualan,dan pelayanan purna jual yang lengkap untuk kepuasan
pelanggan. Perusahaan ini memiliki:
Visi yaitu,
kami senantiasa berusaha untuk mencapai yang terbaik dalam industri sepeda
motor di indonesia, untuk memberi manfaat bagi masyarakat luas, dalam
menyediakan alat transportasi yang berkualitas tinggi, sesuai kebutuhan konsumen,
dengan harga yang terjangkau serta di dukung oleh fasilitas manufaktur terpadu,
teknologi mutakhir, jaringan pemeliharaan, suku cadang dan manajemen kelas
dunia.
Misi yaitu, kami bertekad untuk menyediakan sepeda motor
berkualitas tinggi dan handal sebagai sarana transportasi bagi masyarakat yang
sesuai kebutuhan konsume, pada tingkat harga yang terjangkau.
Strategi perusahaan terkait
produk biasanya berbeda – beda. Walaupun dalam satu payung korporasi. Hal ini
karena terkait dengan segmen dan target penjualan produk itu sendiri. Artinya
terdapat Unit Usaha yang mengelola atau menyusun strategi secara khusus.
Tetapai secara umum tentu perusahaan memiliki strategi secara korporasi.
Intinya strategi di tempuh atau dilakukan berdasarkan suatu tujuan. Menurut Basu
Swastha dan Irawan (2005) ada 3 tahap strategi yaitu :
1)
Memilih konsumen yang di tuju
2)
Identifikasi keinginan konsumen
3)
Menentukan marekting mix
Sedangkan unsur strategi
persaingan menurut Freddy Rangkuti (2003)
terdiri dari 3 hal yaitu :
a. Strategi
segmentasi pasar
b.
Targeting
c.
Positioning
Analisa Promosi (Promotion)
Bentuk-bentuk
promosi pemasaran yang dilakukan oleh AHM, terdapat berbagai macam. Tetapi
secara umum dan untuk mempermudah, dapat saya kategorikan menjadi dua bagian
yaitu periklanan dan sponsor, dengan uraian sebagai berikut :
Periklanan
Iklan
adalah bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada informasi tentang
keunggulan sepeda motor Honda. Biasanya disusun rangkaian kata-katanya
sedemikian rupa dengan mengubah pikiran seseorang untuk membeli motor Honda
(baru/second), sparepart asli motor Honda maupun perbaikan di bengkel resmi
Honda. Artinya hal ini sesuai dengan pendapat philip kotler (2005) yang menyebutkan bahwa iklan adalah bentuk komunikasi non-personal, yang
melakukan penyebaran pesan informasi dan persuasi
melalui media massa kepada kelompok sasaran tertentu mengenai suatu organisasi,
barang, jasa maupun ide dengan pencantuman sponsor yang jelas.
Adapun
kegiatan periklanan yang dilakukan oleh
AHM dengan berbagai macam cara di
antaranya melalui media cetak seperti surat kabar, media luar ruangan seperti
baliho dan spanduk, layar kaca (televisi), internet dll. Tetapi umumnya masing
– masing unit usaha atau diferensiasi dari Honda melakukan promosi masing –
masing. Sehingga akan banyak kita jumpai berbagai jenis iklan yang menawarkan
produk honda sesuai dengan segmentasinya.
Sponsorship
Kegiatan
sponsorship yang dilaksanakan oleh AHM bertujuan untuk lebih mensosialisasikan
produk kepada masyarakat luas melalui berbagai kegiatan seperti, sponsor
kegiatan amal, festival musik, olahraga dan lain sebagainya. Dalam hal ini yang berperan adalah public
relation. Seperti halnya pendapat Kotler
dan Amstrong (2001) yang menyebutkan public relation adalah suatu fungsi
manajemen yang melakukan evaluasi sikap masyarakat, mengidentifikasi
kebijakan dan prosedur organisasi dan/atau perorangan yang dikaitkan dengan
keinginan masyarakat, serta melaksanakan program
yang sistematis untuk mencapai pemahaman
dan penerimaan masyarakat dalam upaya memperoleh citra positif. Dimana salah satu
perangkat atau alat yang digunakan adalah kontribusi sosial, dan pendanaan.
Analisa Harga (Price)
Harga
untuk tarif produk dan
jasa yang di
berikan dan yang di sosialisasikan sangat menentukan
keberhasilan pemasaran, jika
harga tarif rendah dibarengi dengan tingginya kualitas
pelayanan barang dan jasa, maka konsumen akan lebih tertarik menggunakan jasa
dan membeli motor Honda. Seperti diawal telah saya sebutkan bahwa memang harga
relatif mahal, tetapi apabila kualitas yang di hasilkan sepadan maka konsumen
tetntu tetap memilih Honda sebagai prioritas.
Yang paling diwaspadai adalah kompetitor, sebab selain
persaingan harga sangat ketat. Secara umum semua menawarkan harga yang relatif
murah atau terjangkau. Disinilah poin yang harus diperhatikan. Ketika harga
mulai ketat, maka satu – satunya cara yang dapat dimaksimalkan adalah
mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas dan pilihan bagi konsumen. Dan
saat ini kunci keberhasilan Honda adalah pada kualitas yang dimiliki.
Distribusi
Seperti
uraian company profile sebelumnya, PT Astra Honda Motor memiliki 3.800
layanan service atau bengkel AHASS, serta 6.500 gerai suku cadang
sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Hal yang mungkin jadi masalah adalah
pabrik Honda terdapat di Jawa, padahal konsumennya seluruh Indonesia. Oleh
karena itu sistem transportasi pengangkut harus selalu diperhatikan.
Hal ini
mengacu pada pendapat Philip Kotler, Basu
Swastha & Irawan ataupun David W Cravens yang intinya hampir sama yaitu
dalam distribusi yang harus di perhatikan adalah sistem transportasi, sistem
penyimpanan, dan pemilihan saluran distribusi. Dari ketiga hal tersebut AHM
telah mampu memenuhi dan setidaknya mengatasi permasalahan distribusi. Hal ini
terbukti bahwa AHM memiliki 1.600 showroom dealer penjualan resmi AHM.
Adapun model strategi tersebut salah satunya yang dapat digunkan Matrik
SWOT. Matrik ini dapat menggambarkan kombinasi atas gambaran factor internal dan
ekternal.
Strategi SO
Adalah memanfaatkan seluruh
kekuatan dan memanfaatkan peluang sebesar – besarnya. Sehingga yang dapat di
tempuh adalah :
1) Meningkatkan produksi jenis tertentu yang sedang
menjadi tren, misal jenis matic atau sport
2) Memberikan variasi harga sesuai dengan daerah.
3) Mempergencar promosi di daerah
4) Memberikan variasi pelayanan
di dealer – dealer dan purna jual
5) Memberikan variasi
pelayanan di jasa service
Strategi
ST
Adalah
strategi dalam menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman.
Yang dapat di tempuh atau dilakukan adalah :
1) Inovasi produk dengan
tetap mengandalkan keiritan dan kekuatan mesin
2) Memberikan training skill pada pegawai
khususnya di bagian pelayanan jasa service
3) Mempermudah system pembelian atau kredit
4) Menambah dealer atau
show room di daerah – daerah
Strategi
WO
Adalah strategi dalam
menggunakan peluang yang dimiliki perusahaan dengan meminimalkan kelemahan yang
ada. Yang mungkin dapat dilakukan adalah :
1) Memiliki system
distribusi dan penyaluran yang merata ke seluruh wilayah sesuai dengan pangsa
pasar wilayah terkait
2) Membuat style atau
bodi yang lebih dinamis dan modern
3) Menyediakan stok jenis terntentu di dealer khususnya sesuai orientasi pasar
yang di tuju misalnya peningkatan jenis skutik dan sport.
Strategi
WT
Adalah strategi yang
bersfiat difensif dan berusaha meminimalkan kelemahan serta menghindari
aancaman
1) Menyediakan paket surprice atau hadiah (biasanya undian berhadiah
dari pelanggan Honda)
2) Melakuakan promisi kedesa-desa
dan gencar memberikan promosi di segmen segmen tertentu
3) Membuat suku cadang yang lebih murah
4) Inovasi produk terus menerus
Referensi : http://mohamadrizanjani.blogspot.com/2013/12/segmentasi-dan-analisis-demografi.html
Judul Jurnal Tentang
Kinerja
1.
Judul : Analisi tingkat
kepentingan dan kinerja karyawan bidang pengujian balai besar pengawas, obat
dan makanan manado
Pengarang: Cindhany Darmaria Faridah Utami Mala,
Ibnu Ghoib Ganjar, Wakhid Slamet Cipto
Tahun : 2011
2.
Judul : Kinerja
komoditas elektronika indonesia 1981-1995:pendekatan keunggulan komparatif
Pengarang : Ahmad Hamli, Ryan Rizaldi
Tahun : 1998
3.
Judul :Studi kasus
penggunaan indikator kinerja di berbagai organisasi pelayanan kesehatan
pemerintah =A case study on the use of performance indicator in various
goverment’s health service organizations
Pengarang : Agustian Ipa, Laksono Trisnantoro,
Heru Nugroho
Tahun : 2000
4.
Judul : Pengembangan
manajemen kinerja perawat dan bidan sebagai strategi dalam peningkatan mutu
klinis = performance management development for nurses
Pengarang : Tjahjono Kuntjoro
Tahun : 2005
5.
Judul : Evaluasi
kinerja perusahaan perbankan sebelum dan sesudah menjadi perusahaan publik di
bursa efek jakarta (BEJ)
Pengarang : Payamta, Mas’ud Machfoedz
Tahun : 1999
6.
Judul : Struktur dan
kinerja industri indonesia dalam era deregulasi dan globalisasi
Pengarang : Mudrajaj Kuncoro, Anggito Abimanyu
Tahun : 1995
7.
Judul : Pengaruh
komitmen organisasi, keinginan sosial, dan asimetri informasi terhadap hubungan
antara partisipasi penggangaran dengan kinerja manajer
Pengarang : R.A.Supriyono
Tahun : 2005
8.
Judul :Pengaruh
struktur dan kultur organisasional keefektifan anggaran pertisipatif dalam
peningkatan kinerja manajerial: studi empiris pada perusahaan manufaktur
indonesia
Pengarang : Bambang Supomo, Nur Indriantoro
Tahun : 1998
9.
Judul : Pengalaman
organisasi, evaluasi terhadap kinerja dan hasil karir pada kantor akuntan
publik: pengujian pengaruh gender
Pengarang : Yeni Kuntari, Indra Wijaya Kusuma
Tahun : 2001
10. Judul : Faktor tingkat kemahalan harga
saham, kinerja keuangan perusahaan dan keputusan pemecahan saham ( stock
Splits): aplikasi analisis diskriminan
Pengarang : Khomsiyah, Suhstyo
Tahun : 2001
Referensi
: I-Lib.ugm.ac.id
apakah saat ini pt. AHM sudah ganti visi dan misi ?
BalasHapus