Jumat, 10 Januari 2014

Visi Misi dan Action Perusahaan Astra Honda Motor



Visi Misi Perusahaan ASTRA HONDA MOTOR

Pt. Astra Honda Motor, merupakan perusahaan yang menjalankan fungsi produksi,penjualan,dan pelayanan purna jual yang lengkap untuk kepuasan pelanggan. Perusahaan ini memiliki:

Visi yaitu, kami senantiasa berusaha untuk mencapai yang terbaik dalam industri sepeda motor di indonesia, untuk memberi manfaat bagi masyarakat luas, dalam menyediakan alat transportasi yang berkualitas tinggi, sesuai kebutuhan konsumen, dengan harga yang terjangkau serta di dukung oleh fasilitas manufaktur terpadu, teknologi mutakhir, jaringan pemeliharaan, suku cadang dan manajemen kelas dunia.

Misi yaitu, kami bertekad untuk menyediakan sepeda motor berkualitas tinggi dan handal sebagai sarana transportasi bagi masyarakat yang sesuai kebutuhan konsume, pada tingkat harga yang terjangkau.


Strategi perusahaan terkait produk biasanya berbeda – beda. Walaupun dalam satu payung korporasi. Hal ini karena terkait dengan segmen dan target penjualan produk itu sendiri. Artinya terdapat Unit Usaha yang mengelola atau menyusun strategi secara khusus. Tetapai secara umum tentu perusahaan memiliki strategi secara korporasi. Intinya strategi di tempuh atau dilakukan berdasarkan suatu tujuan. Menurut Basu Swastha dan Irawan (2005) ada 3 tahap strategi yaitu :

1)      Memilih konsumen yang di tuju
2)      Identifikasi keinginan konsumen
3)      Menentukan marekting mix

Sedangkan unsur strategi persaingan menurut Freddy Rangkuti (2003) terdiri dari 3 hal yaitu :

a.      Strategi segmentasi pasar
b.      Targeting
c.       Positioning

Analisa Promosi (Promotion)

Bentuk-bentuk promosi pemasaran yang dilakukan oleh AHM, terdapat berbagai macam. Tetapi secara umum dan untuk mempermudah, dapat saya kategorikan menjadi dua bagian yaitu periklanan dan sponsor, dengan uraian sebagai berikut :

Periklanan

Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada informasi tentang keunggulan sepeda motor Honda. Biasanya disusun rangkaian kata-katanya sedemikian rupa dengan mengubah pikiran seseorang untuk membeli motor Honda (baru/second), sparepart asli motor Honda maupun perbaikan di bengkel resmi Honda. Artinya hal ini sesuai dengan pendapat philip kotler (2005) yang menyebutkan bahwa iklan adalah bentuk komunikasi non-personal, yang melakukan penyebaran pesan informasi dan persuasi melalui media massa kepada kelompok sasaran tertentu mengenai suatu organisasi, barang, jasa maupun ide dengan pencantuman sponsor yang jelas.
Adapun kegiatan periklanan  yang dilakukan oleh AHM  dengan berbagai macam cara di antaranya melalui media cetak seperti surat kabar, media luar ruangan seperti baliho dan spanduk, layar kaca (televisi), internet dll. Tetapi umumnya masing – masing unit usaha atau diferensiasi dari Honda melakukan promosi masing – masing. Sehingga akan banyak kita jumpai berbagai jenis iklan yang menawarkan produk honda sesuai dengan segmentasinya.

Sponsorship

Kegiatan sponsorship yang dilaksanakan oleh AHM bertujuan untuk lebih mensosialisasikan produk kepada masyarakat luas melalui berbagai kegiatan seperti, sponsor kegiatan amal, festival musik, olahraga dan lain sebagainya.  Dalam hal ini yang berperan adalah public relation. Seperti halnya pendapat Kotler dan Amstrong (2001) yang menyebutkan public relation adalah suatu fungsi manajemen yang melakukan evaluasi sikap masyarakat, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur organisasi dan/atau perorangan yang dikaitkan dengan keinginan masyarakat, serta melaksanakan program yang sistematis untuk mencapai pemahaman dan penerimaan masyarakat dalam upaya memperoleh citra positif. Dimana salah satu perangkat atau alat yang digunakan adalah kontribusi sosial, dan pendanaan.

Analisa Harga (Price)

Harga untuk tarif  produk  dan  jasa  yang  di  berikan  dan yang di  sosialisasikan sangat   menentukan   keberhasilan   pemasaran,   jika   harga   tarif   rendah dibarengi dengan tingginya kualitas pelayanan barang dan jasa, maka konsumen akan lebih tertarik menggunakan jasa dan membeli motor Honda. Seperti diawal telah saya sebutkan bahwa memang harga relatif mahal, tetapi apabila kualitas yang di hasilkan sepadan maka konsumen tetntu tetap memilih Honda sebagai prioritas.
         
            Yang paling diwaspadai adalah kompetitor, sebab selain persaingan harga sangat ketat. Secara umum semua menawarkan harga yang relatif murah atau terjangkau. Disinilah poin yang harus diperhatikan. Ketika harga mulai ketat, maka satu – satunya cara yang dapat dimaksimalkan adalah mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas dan pilihan bagi konsumen. Dan saat ini kunci keberhasilan Honda adalah pada kualitas yang dimiliki.

Distribusi

Seperti uraian company profile sebelumnya, PT Astra Honda Motor  memiliki 3.800 layanan service atau bengkel AHASS, serta   6.500 gerai suku cadang sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Hal yang mungkin jadi masalah adalah pabrik Honda terdapat di Jawa, padahal konsumennya seluruh Indonesia. Oleh karena itu sistem transportasi pengangkut harus selalu diperhatikan.

Hal ini mengacu pada pendapat Philip Kotler, Basu Swastha & Irawan ataupun David W Cravens yang intinya hampir sama yaitu dalam distribusi yang harus di perhatikan adalah sistem transportasi, sistem penyimpanan, dan pemilihan saluran distribusi. Dari ketiga hal tersebut AHM telah mampu memenuhi dan setidaknya mengatasi permasalahan distribusi. Hal ini terbukti bahwa AHM memiliki 1.600 showroom dealer penjualan resmi AHM.

Adapun model strategi tersebut salah satunya yang dapat digunkan Matrik SWOT. Matrik ini dapat menggambarkan kombinasi atas gambaran factor internal dan ekternal.

          Strategi SO
Adalah memanfaatkan seluruh kekuatan dan memanfaatkan peluang sebesar – besarnya. Sehingga yang dapat di tempuh adalah :
1)     Meningkatkan produksi jenis tertentu yang sedang menjadi tren, misal jenis matic atau sport
2)     Memberikan variasi harga sesuai dengan daerah.
3)     Mempergencar promosi di daerah
4)     Memberikan variasi pelayanan di dealer – dealer dan purna jual
5)     Memberikan variasi pelayanan di jasa service

Strategi ST
Adalah strategi dalam menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman. Yang dapat di tempuh atau dilakukan adalah :
1)     Inovasi produk dengan tetap mengandalkan keiritan dan kekuatan mesin
2)     Memberikan training skill pada pegawai khususnya di bagian pelayanan jasa service
3)     Mempermudah system pembelian atau kredit
4)     Menambah dealer atau show room di daerah – daerah

Strategi WO
Adalah strategi dalam menggunakan peluang yang dimiliki perusahaan dengan meminimalkan kelemahan yang ada. Yang mungkin dapat dilakukan adalah :
1)     Memiliki system distribusi dan penyaluran yang merata ke seluruh wilayah sesuai dengan pangsa pasar wilayah terkait
2)     Membuat style atau bodi yang lebih dinamis dan modern
3)     Menyediakan stok jenis terntentu di dealer khususnya sesuai orientasi pasar yang di tuju misalnya peningkatan jenis skutik dan sport.

Strategi WT
Adalah strategi yang bersfiat difensif dan berusaha meminimalkan kelemahan serta menghindari aancaman
1)     Menyediakan paket surprice atau hadiah (biasanya undian berhadiah dari pelanggan Honda)
2)     Melakuakan promisi kedesa-desa dan gencar memberikan promosi di segmen segmen tertentu
3)     Membuat suku cadang yang lebih murah
4)     Inovasi produk terus menerus

Referensi : http://mohamadrizanjani.blogspot.com/2013/12/segmentasi-dan-analisis-demografi.html



Judul Jurnal Tentang Kinerja


1.    Judul : Analisi tingkat kepentingan dan kinerja karyawan bidang pengujian balai besar pengawas, obat dan makanan manado
Pengarang: Cindhany Darmaria Faridah Utami Mala, Ibnu Ghoib Ganjar, Wakhid Slamet Cipto
Tahun : 2011
2.    Judul : Kinerja komoditas elektronika indonesia 1981-1995:pendekatan keunggulan komparatif
Pengarang : Ahmad Hamli, Ryan Rizaldi
Tahun : 1998
3.    Judul :Studi kasus penggunaan indikator kinerja di berbagai organisasi pelayanan kesehatan pemerintah =A case study on the use of performance indicator in various goverment’s health service organizations
Pengarang : Agustian Ipa, Laksono Trisnantoro, Heru Nugroho
Tahun : 2000
4.    Judul : Pengembangan manajemen kinerja perawat dan bidan sebagai strategi dalam peningkatan mutu klinis = performance management development for nurses
Pengarang : Tjahjono Kuntjoro
Tahun : 2005
5.    Judul : Evaluasi kinerja perusahaan perbankan sebelum dan sesudah menjadi perusahaan publik di bursa efek jakarta (BEJ)
Pengarang : Payamta, Mas’ud Machfoedz
Tahun : 1999
6.    Judul : Struktur dan kinerja industri indonesia dalam era deregulasi dan globalisasi
Pengarang : Mudrajaj Kuncoro, Anggito Abimanyu
Tahun : 1995
7.    Judul : Pengaruh komitmen organisasi, keinginan sosial, dan asimetri informasi terhadap hubungan antara partisipasi penggangaran dengan kinerja manajer
Pengarang : R.A.Supriyono
Tahun : 2005
8.    Judul :Pengaruh struktur dan kultur organisasional keefektifan anggaran pertisipatif dalam peningkatan kinerja manajerial: studi empiris pada perusahaan manufaktur indonesia
Pengarang : Bambang Supomo, Nur Indriantoro
Tahun : 1998
9.    Judul : Pengalaman organisasi, evaluasi terhadap kinerja dan hasil karir pada kantor akuntan publik: pengujian pengaruh gender
Pengarang : Yeni Kuntari, Indra Wijaya Kusuma
Tahun : 2001
10. Judul : Faktor tingkat kemahalan harga saham, kinerja keuangan perusahaan dan keputusan pemecahan saham ( stock Splits): aplikasi analisis diskriminan
Pengarang : Khomsiyah, Suhstyo
Tahun : 2001
  


Referensi : I-Lib.ugm.ac.id



 


1 komentar:

Special Content