Minggu, 11 Oktober 2015

Tugas 2 Review



Nama  : Andry Ardianto
Npm    : 102 13 967
Kelas   : 3 EA 24
Mata Kuliah   : Perilaku Konsumen #
Universitas Gunadarma

Review 1

Pasar Konsumen
Pasar Konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk konsumsi pribadi. Sedangkan menurut salah satu ahli pemasaran pasar konsumen adalah  pasar yang dimana pembelinya adalah individual yang membeli produk untuk digunakan atau disewakan.
Model Penilaian Konsumen

Model penilaian konsumen adalah suatu cara atau proses yang dilakukan oleh setiap konsumen sebelum mereka melakukan keputusan untuk membeli suatu barang atau menggunakan suatu jasa untuk memenuhi kepuasan mereka. Ada 4 macam model penilaian konsumen :
        
·         Penilaian “Complex Decision Making”
·         Penilaian “Brand Loyalty”
·         Penilaian “ Limited Decision Making “
·         Penilaian “ Inertia “

Berdasarkan landasan teori, ada dua faktor dasar yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :

1.      Faktor eksternal adalah merupakan faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial, kebudayaan, marketing strategy, dan kelompok referensi. Kelompok referensi merupakan kelompok yang memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung pada sikap dan perilaku konsumen. Kelompok referensi akan mempengaruhi perilaku seseorang dalam pembelian dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen dalam bertingkah laku.

2.      Faktor internal adalah merupakan faktor yang termasuk adalah motivasi, persepsi, sikap, gaya hidup, kepribadian dan belajar. Belajar menggambarkan perubahan dalam perilaku seseorang individu yang bersumber dari pengalaman. Seringkali perilaku manusia diperoleh dari mempelajari sesuatu.

     Ciri-Ciri Pasar Konsumen

§  Jumlah permintaan akan barang dan jasa lebih banyak guna memenuhi kebutuhan individual.
§  Konsumen biasanya mempertimbankan faktor sosial, budaya, dan gaya hidup gina mendapatkan barang atau jasa yang berkualitas.
§  Jarang terjadi negosiasi harga antar penjual dan pembeli.


Review 2

Pasar dan Perilaku Pasar Konsumen

PENGERTIAN PASAR
Pengertian pasar secara umum dan sering dikenal adalah temapat pertemuan pembeli dan penjual. Pengertian tersebut adalah pengertian pasar tradisional. Pengertian pasar menurut konsep pemasaran berbeda dengan pengertian pasar tradisional sehari-hari.
Pengertian pasar menurut pemasaran adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.
PERILAKU PASAR
Perilaku pasar adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik individual atau organisasional terhadap produk tertentu, konsisten selama periode waktu tertentu.
PASAR KONSUMEN
Pasar konsumen adalah kelompok individual (perorangan maupun rumah-tangga) yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluarganya, tidak untuk maksud lain.
PERILAKU PEMBELIAN DAPAT DIPAHAMI MELALUI           :
pemahaman perilaku pembelian konsumen dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu :
1.      metode introspektif, melalui tindakan-tindakan diri sendiri sebagai dasar untuk menjelaskan perilaku pembelian konsumen.
2.      metode retrospektif, usaha mengungkapkan tindakan-tindakan yang telah dilakkan oleh pembeli terhadap pembelian produk tertentu waktu lalu.
3.      metode prospektif, dengan usaha menanyakan tindakan-tindakan yang akan dilakukan oleh calon pembeli apabila hendak mmebeli sesuatu pada masa yang akan datang.
4.      metode preskriptif, dengan menanyakan kepada pembeli, tindakan apa yang seharusnya paling baik dilakukan untuk pembelian produk tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Special Content