Nama : Andry Ardianto
Npm : 102 13 967
Kelas : 3 EA 24
Mata Kuliah : Perilaku Konsumen #
Universitas Gunadarma
Universitas Gunadarma
Review 1
Pasar Konsumen
Pasar
Konsumen adalah semua individu dan
rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk konsumsi
pribadi. Sedangkan menurut salah satu ahli pemasaran pasar konsumen adalah
pasar yang dimana pembelinya adalah individual yang membeli produk untuk
digunakan atau disewakan.
Model Penilaian Konsumen
Model penilaian konsumen adalah suatu cara atau proses
yang dilakukan oleh setiap konsumen sebelum mereka melakukan keputusan untuk
membeli suatu barang atau menggunakan suatu jasa untuk memenuhi kepuasan mereka.
Ada 4 macam model penilaian konsumen :
·
Penilaian “Complex Decision Making”
·
Penilaian “Brand Loyalty”
·
Penilaian “ Limited Decision Making “
·
Penilaian “ Inertia “
Berdasarkan landasan teori, ada dua faktor dasar yang
mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :
1. Faktor
eksternal adalah merupakan faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas
sosial, kebudayaan, marketing strategy, dan kelompok referensi. Kelompok
referensi merupakan kelompok yang memiliki pengaruh langsung maupun tidak
langsung pada sikap dan perilaku konsumen. Kelompok referensi akan mempengaruhi
perilaku seseorang dalam pembelian dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen
dalam bertingkah laku.
2. Faktor internal
adalah merupakan faktor yang termasuk adalah motivasi, persepsi, sikap, gaya
hidup, kepribadian dan belajar. Belajar menggambarkan perubahan dalam perilaku
seseorang individu yang bersumber dari pengalaman. Seringkali perilaku manusia
diperoleh dari mempelajari sesuatu.
Ciri-Ciri
Pasar Konsumen
§ Jumlah permintaan akan barang dan
jasa lebih banyak guna memenuhi kebutuhan individual.
§ Konsumen biasanya mempertimbankan
faktor sosial, budaya, dan gaya hidup gina mendapatkan barang atau jasa yang
berkualitas.
§ Jarang terjadi negosiasi harga antar
penjual dan pembeli.
Review 2
Pasar dan Perilaku Pasar Konsumen
PENGERTIAN PASAR
Pengertian
pasar secara umum dan sering dikenal adalah temapat pertemuan pembeli dan
penjual. Pengertian tersebut adalah pengertian pasar tradisional. Pengertian
pasar menurut konsep pemasaran berbeda dengan pengertian pasar tradisional
sehari-hari.
Pengertian
pasar menurut pemasaran adalah kelompok individual (perorangan maupun
organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli,
dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.
PERILAKU
PASAR
Perilaku pasar adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses
(mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik individual atau
organisasional terhadap produk tertentu, konsisten selama periode waktu
tertentu.
PASAR
KONSUMEN
Pasar konsumen adalah kelompok individual (perorangan
maupun rumah-tangga) yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan
pribadi maupun keluarganya, tidak untuk maksud lain.
PERILAKU
PEMBELIAN DAPAT DIPAHAMI MELALUI :
pemahaman
perilaku pembelian konsumen dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu :
1.
metode
introspektif, melalui
tindakan-tindakan diri sendiri sebagai dasar untuk menjelaskan perilaku
pembelian konsumen.
2.
metode
retrospektif, usaha
mengungkapkan tindakan-tindakan yang telah dilakkan oleh pembeli terhadap
pembelian produk tertentu waktu lalu.
3.
metode
prospektif, dengan
usaha menanyakan tindakan-tindakan yang akan dilakukan oleh calon pembeli
apabila hendak mmebeli sesuatu pada masa yang akan datang.
4.
metode
preskriptif, dengan
menanyakan kepada pembeli, tindakan apa yang seharusnya paling baik dilakukan
untuk pembelian produk tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar