Nama : Andry Ardianto
Npm : 102 13 967
Kelas : 3EA24
Tugas : Bahasa Indonesia 2
Hujan
lebat dan banjir ‘masih ancam’ Jakarta
A.
Permasalahan
Curah hujan yang cukup tinggi membuat Jakarta sempat lumpuh
sepanjang senin (09/02) akibat banjir yang disebabkan hujan lebat sepanjang
malam hingga siang. Curah hujan yang tinggi akan terus mengancam dalam beberapa
hari mendatang, kata Deputi Meteorologi BMKG, Yunus Swarinoto.
Yang perlu harus diwaspadai adalah hujan yang menurut model
dan perkiraan kami, akan turun hujan lewat tengah malam dalam satu hingga tiga
hari mendatang. Bila intesitasnya lebih besar dari Senin, maka keadaannya bisa
lebih buruk. Sebaliknya jika intensitasnya lebih rendah, keadaannya mungkin tak
akan terlalu parah, jelas Yunus.
Hujan lebat mulai mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak
minggu malam hingga senin (9/2) tengah hari. Air meluap dan menggenang di seantero
kota. Banjir kali ini tidak separah banjir pada tahun 2012 dan 2013. Namun
genangan air sempat mengancam Istana Merdeka yang masih ditinggal Presiden
Jokowi yang melakukan lawatan ke tiga Negara ASEAN. Untungnya luapan air tidak
mencapai jalanan sekitar Istana, tak sampai masuk.
B.
Latar Belakang
Hujan masih diperlakukan masih bencana, hingga kini banjir
masih belum berhenti menyerang Jakarta, apalagi pada saat musim hujan datang.
Oleh karena itu banjir yang terus melanda sebagian wilayah di Jakarta dan kini
Kota Jakarta lebih di kenal dengan Kota Banjir. Namun tetap warga Jakarta tidak
berhenti mencoba menanggulangi banjir Jakarta ini.
Hal yang menyebabkan banjir di Jakarta muncul dari masalah
sampah, curah hujan yang tinggi, jebolnya tanggul air, serapan air buruk. Dan
warga yang terkena dampak banjir selalu siap dengan strategi sendiri yang di
lakukan oleh warga jakarta untuk menanggulangi banjir supaya banjir tidak
memasuki pemukiman rumah.
Berbagai cara untuk mengatasi banjir yang di lakukan oleh
Pemda DKI. Adapun cara yang di lakukan dengan berbagai peralatan penanganan
seperti pompa penyedot, membersihkan gorong – gorong sungai, menyediakan tempat
sampah dan berbagai cara lainnya. Untuk menurunkan intensitas banjir yang
terjadi di Jakarta agar tidak parah seperti tahun kemarin dengan berbagai cara yang
di lakukan oleh Pemda DKI.
C.
Solusi
Menurut Ahli tata kota Nirwono Joga beranggapan, diperlukan
suatu perubahan pendekatan, agar jakarta bisa mengatasi persoalan banjir lebih
cepat. Menurut Nirwono, konsep yang sedang berkembang di seluruh dunia sekarang
ini, sebaliknya konsep eko-drainase. Yaitu bagaimana kota, menampung air
sebanyak-banyaknya, untuk diresapkan sebesar-besarnya ke dalam tanah. Dan ia
jelaskan bahwa, bantaran kali seharusnya bukan dibeton, melainkan dihijaukan.
Sehingga saat hujan lebat, air yang mengisi sungai tidak mengalir cepat.
Melainkan air akan menyerap ke kiri kanan bantaran sungai. Kecepatan air turun,
dan memberikan resapan air ke dalam tanah sebanyak-banyaknya.
Kemacetan Lalu Lintas DKI Jakarta
A. Permasalahan
Kemacetan
lalu lintas telah menjadi masalah yang kronis di wilayah DKI Jakarta. Hampir
setiap hari masyarakat yang menggunakan transportasi darat di Jakarta sangat di
pusingkan dengan kemacetan yang tidak ada habisnya. Berbagai upaya banyak
dilakukan oleh pemerintah daerah DKI Jakarta dalam mengatasi kemacetan tetapi
akan hal itu tidak membuahkan hasil. Bahkan yang terjadi di Jakarta kemacetan
tambah parah. Biasanya kemacetan yang terjadi di jakarta pagi dan sore hari
justru kemacetan terjadi di setiap hari di daerah Jakarta.
Kemacetan
membuat masyarakat mengalami kerugian dan juga negara. Menurut pakar
transportasi, Danang Parikesit, menyatakan berdasarkan survei, masyarakat
jakarta akan menghabiskan 6-8% PDB untuk biaya transportasi. Padahal idealnya
menurut standar internasional adalah 4% dari PDB. Pemborosan ini membuat uang
yang harus di gunakan untuk masayarakat malah di gunakan untuk biaya
transportasi. Kondisi yang terjadi ini membuat masyarakat begitu di rugikan.
Kemacetan
di Jakarta tidak hanya membuat rugi masyarakat tetapi juga membuat kerusakan
lingkungan yang di karenakan oleh polusi udara yang telah melibihi batas yang
diperbolehkan. Hal ini di akibatkan banyak pengguna sepeda motor dan setiap
kendaraan bermotor mengeluarkan asap yang merusak lingkungan. Di jakarta juga
masih banyak kendaraan yang usianya sekitar 10 tahun lebih yang masih melintasi
jalanan ibu kota. Kemacetan jakarta juga di sebabkan banyaknya kendaraan yang
berhenti tidak pada tempatnya yang seharusnya bukan tempat untuk menurunkan
penumpang, dan juga banyaknya parkiran liar di sepanjang jalan yang membuat
kemacetan parah di karenakan memakan separuh bahu jalan untuk kendaraan yang
melintas yang membuat kendaraan yg melintas terhambat.
B. Latar Belakang
Kemacetan
adalah kondisi dimana terjadi penumpukan kendaraan di jalan. Penumpukan yang
terjadi disebabkan oleh karena banyaknya kendaraan yang tidak mampu diimbangi
oleh sarana dan prasarana lalu lintas yang memadai. Yang membuat kendaraan menjadi
tersendat dan laju kecepatan kendaraan menurun. Tingginya tingkat pertumbuhan
kendaraan bermotor di Jakarta ini tidak diimbangi oleh meningkatnya sarana dan
prasarana lalu lintas memadai. Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor di Dki
Jakarta di perkirakan berada di kisaran 5-10 % per tahun porsi kendaraan
bermotor.
Pemerintah
DKI jakarta sendiri telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi kemacetan
dengan melakukan penggusuran pemukiman di Jakarta agar dapat melebarkan jalan
yang telah ada. Ini dimaksudkan agar kemacetan yang ada di jalan-jalan tersebut
dapat dikurangi dan arus kendaraan menjadi lebih lancar. Sementra ini
pemerintah juga akan membangun sebuah jalan baru sehingga alternatif jalan
menjadi lebih banyak dan kepadatan kendaraan tidak hanya terkonsentrasi pada
satu titik saja.
Kemacetan
telah menjadi isu yang sangat serius dalam beberapa tahun terakhir.
Dikhawatirkan di tahun 2015 medatang di wilayah DKI Jakarta akan mengalami
kemacetan total. Perlu perhatian dan upaya serius dari pemerintah daerah untuk
menanggulangi kemacetan. Selain itu, masyarakat juga harus turut andil dalam
mengurangi kemacetan.
C. Solusi
§
Pemerintah sebaiknya
meningkatkan pelayanan angkutan umum, agar masyarakat tertarik untuk berpindah
dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.
§
Melakukan pembatasan
usia kendaraan karena jika kendaraan tersebut sudah terlalu tua, maka kendaraan
tersebut menjadi tidak fungsional lagi.
§
Penegakan hukum yang
tegas terhadap pengguna jalan, pejalan kaki dan pedagang
kaki lima yang melanggar aturan.
§
Aturan yang tegas dan
ketat terhadap arus urbanisasi dengan cara yang lebih optimal, dan hukuman
dipertegas apabila ada yang melanggar.
§
Pemerintah juga
sebaiknya memasukkan pendidikan berlalu lintas dalam lingkup sekolah dasar dan
sekolah menengah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar